Urutan Takson Hewan dan Tumbuhan Disertai Penjelasannya

Sistem Taksonomi

Liputanpers.com – menyajikan informasi terbaru tentang Urutan Takson Hewan dan Tumbuhan Disertai Penjelasannya.

Anda juga bisa mencari berita terkait dalam kategori Opini, yang selalu terupdate setiap hari.

Read More

Liputanpers merupakan portal berita yang berasal dari berbagai sumber media online maupun sumber informasi swadaya masyarakat.

Setiap informasi yang di publikasikan pada situs kami cantumkan sumber serta link dari situs terpercaya dan anda bisa mengunjungi situsnya yang pada akhir artikel ini.

Simak artikel menarik lainnya tentang 5 Cara Investasi Paling Efektif, Berikut ini berita selengkapnya yang kami rangkum di bawah ini:

Urutan Takson Hewan dan Tumbuhan Disertai Penjelasannya

Mempelajari urutan takson hewan dan tumbuhan sangat penting untuk mengetahui keanekaragaman hayati di seluruh dunia.

Taksonomi adalah ilmu yang memungkinkan kita untuk mengklasifikasikan dan mengorganisir beragam bentuk kehidupan di planet ini.

Melalui sistem taksonomi, kita dapat memahami bagaimana semua makhluk hidup, baik hewan maupun tumbuhan, terkait satu sama lain dalam kerangka hierarki yang terstruktur.

Pentingnya memahami urutan takson hewan dan tumbuhan tidak hanya terbatas pada dunia ilmiah.

Informasi ini juga berperan penting dalam menjaga keragaman hayati planet kita dan sebagai upaya pelestarian lingkungan.

Ketika kita memahami bagaimana semua organisme saling terkait, kita dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam pelestarian spesies-spesies yang terancam punah.

Baca Juga: Ciri-Ciri Hutan Hujan Tropis dan Manfaatnya untuk Kehidupan

Mengenal Sistem Taksonomi

Foto: Sistem Taksonomi (Freepik.com)

Dilansir dari Biology Online, taksonomi adalah cabang biologi yang mempelajari penamaan, pengaturan, klasifikasi, dan menggambarkan organisme ke dalam kelompok dan tingkatan.

Sistem taksonomi adalah pendekatan ilmiah yang digunakan untuk mengklasifikasikan makhluk hidup ke dalam kelompok-kelompok yang terstruktur berdasarkan kesamaan karakteristik dan hubungan genetik mereka.

Dalam hierarki taksonomi, organisme dikelompokkan mulai dari tingkat tertinggi, seperti domain dan kerajaan, hingga tingkat terendah, seperti genus dan spesies.

Nama ilmiah organisme, yang disebut nama binomial, digunakan dalam sistem taksonomi dan biasanya dalam bahasa Latin atau Yunani.

Selain memberikan pemahaman ilmiah tentang keragaman hayati di Bumi, sistem taksonomi juga memiliki implikasi praktis dalam konservasi alam.

Hal ini membantu dalam pelestarian spesies yang terancam punah dan ekosistem yang penting bagi kelangsungan hidup kita.

Teknologi molekuler modern telah memungkinkan penelitian yang lebih dalam tentang hubungan genetik antara organisme, yang kadang-kadang menghasilkan perubahan dalam klasifikasi taksonomi tradisional.

Dengan demikian, sistem taksonomi terus berkembang seiring dengan penemuan ilmiah baru.

Baca Juga: Bleaching Gigi: Manfaat, Efek Samping dan Kisaran Harganya

Urutan Takson Hewan

Tingkat TaksonomiFoto: Tingkat Taksonomi (Faunafacts.com)

Melansir dari Byjus, urutan takson atau hierarki taksonomi adalah pengaturan berbagai taksa dalam urutan hierarkis, di mana spesies hadir di tingkat terendah dan kerajaan hadir di tingkat tertinggi.

Urutan takson hewan adalah hierarki yang digunakan untuk mengklasifikasikan makhluk-makhluk hidup dalam kerajaan Animalia (hewan).

Hierarki ini dimulai dari tingkat tertinggi hingga tingkat terendah dan mencakup beberapa tingkatan utama, berikut urutannya.

1. Domain

Domain adalah tingkat tertinggi dalam taksonomi.

Ada tiga domain utama dalam sistem taksonomi saat ini, yaitu Archaea, Bacteria, dan Eukarya.

Hewan berada dalam domain Eukarya, yang mencakup organisme-organisme yang memiliki sel-sel kompleks dengan inti sel (nukleus), dan berbeda dengan domain Archaea dan Bacteria yang memiliki sel prokariotik.

2. Kerjaan (Kingdom)

Setelah domain, organisme-organisme dalam domain Eukarya dikelompokkan ke dalam kerajaan.

Hewan ditempatkan dalam kerajaan Animalia, yang mencakup semua organisme multiseluler yang heterotrof, artinya mereka mendapatkan energi dari makanan organik lainnya.

3. Filum (Phylum)

Urutan takson di bawah kerajaan, organisme-organisme dalam kerajaan Animalia dikelompokkan menjadi berbagai filum.

Setiap filum adalah kelompok organisme yang memiliki karakteristik bersama yang cukup mencolok.

Sebagai contoh, filum Chordata mencakup semua hewan yang memiliki notokord, struktur tubular yang mendukung tubuh di sepanjang sumsum punggung.

4. Kelas (Class)

Setiap filum dibagi menjadi kelas. Kelas adalah kelompok organisme yang lebih khusus lagi dan memiliki karakteristik umum yang lebih spesifik.

Dalam contoh filum Chordata, kelas-kelas termasuk Mammalia (mamalia), Aves (burung), dan Reptilia (reptil).

Urutan takson selanjutnya adalah ordo. Ordo adalah tingkat takson yang lebih spesifik lagi dan…

Kesimpulan

Itulah informasi tentang Urutan Takson Hewan dan Tumbuhan Disertai Penjelasannya yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat.

Berita selengkapnya bisa anda akses melalui link berikut ini: Situs Lowongan Kerja Indonesia