TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Gili Hotel Association Lalu Kusnawan menyebutkan ajang MotoGP telah mendongkrak tingkat hunian kamar atau okupansi di kawasan Gili, Lombok, khususnya bagi wisatawan mancanegara atau wisman.

Ia menjelaskan, mulai April hingga Agustus 2022, reservasi kamar di Gili oleh turis asing mencapai 40 persen. “Saat ini tingkat hunian di Gili memang sudah mulai menunjukkan peningkatan,” ujarnya pada Sabtu, 19 Maret 2022.

Lombok memiliki sejumlah destinasi Gili atau pulau-pulau kecil. Tiga Gili yang populer di kalangan wisatawan adalah Gili Meno, Gili Air, dan Gili Trawangan. Sejak pandemii Covid-19, kawasan Gili nyaris mati suri.

Okupansi hotel di pulau-pulau ini anjlok lantaran destinasi tersebut mengandalkan kunjungan dari wisman. Kendati kini tingkat hunian telah merangkak naik, Lalu mengatakan pelaku usaha tetap berharap pemerintah membantu membuat kebijakan untuk mendukung pemulihan pariwisata.

Adapun Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang sempat bermalam di Gili Trawangan mengatakan tingkat hunian di kawasan Gili selama MotoGP belum optimal. Salah satu masalahnya adalah infrastruktur dan konektivitas yang perlu diperbaiki.




Source link