Warga Semoyo Heran Lihat Jembatan yang Dibangun Mas Dhito

Warga Semoyo Heran Lihat Jembatan yang Dibangun Mas Dhito


TEMPO.CO, Jakarta – Warga Dusun Semoyo, Desa Blimbing, Kecamatan Mojo tak menduga melihat hasil akhir pembangunan jembatan di daerahnya yang sebelumnya putus dihantam banjir bandang pada awal Januari 2022. 
Read More

Sebagaimana dikisahkan Muhammad Subari warga setempat, jembatan di daerahnya itu hancur akibat banjir bandang setelah sekitar empat jam diguyur hujan deras. 

Akibat putusnya jembatan itu, menjadikan akses 42 KK terganggu untuk keluar kampung. Bupati Kediri Hanindhito Himawana Pramana pun datang ke lokasi mengecek dampak banjir bandang yang terjadi di daerah perbukitan itu.

“Waktu itu bupati (Mas Dhito) datang dan menjanjikan membangunkan jembatan ini,” katanya, Sabtu, 3 Juli 2022.

Sementara jembatan belum dibangun, akses lalu lintas warga dibuatkan jembatan darurat. Baru kemudian pada 28 Mei proses pembangunan dimulai dan selesai 30 Juni. 

Jembatan yang semula sebelum putus hanya menggunakan buis beton ukuran kecil diganti menjadi jembatan permanen. Ukuran jembatan pun diperlebar dengan ukuran 2,5 x 5 meter. 

Melihat hasil akhir pembangunan jembatan, menurut Subari, warga sampai merasa heran dan tidak menyangka. Sebab, bangunan jembatan dinilai jauh lebih besar dan kokoh. 

Tak hanya itu, di dekat jembatan dipasangi kawat bronjong untuk antisipasi supaya tidak longsor bila kembali terjadi banjir. Warga pun mengaku bersyukur dan berterimakasih banyak kepada Mas Dhito. Jembatan itu pun dijuluki “Jembatan Cinta” oleh warga.

“Ini cuma jalan desa, kami semua di sini berterimakasih pada bupati (Mas Dhito), tidak menyangka kog ada bangunan segini besar masuk desa,” ungkapnya.

Dengan ukurannya yang besar dan lebih kuat, warga mengaku menjadi sangat terbantu. Sebab, dengan ukuran bangunan jembatan yang lebar menjadikan warga lebih berani melewati ketika membawa beban yang cukup berat.

“Warga sangat bahagia, jembatannya kalau dilewati muatan agak berat sekarang juga semakin kuat,” ucapnya.

Selesainya pembangunan jembatan itu, Mas Dhito pun merasa senang. Orang nomor satu di Kabupaten Kediri itu berharap akses lalu lintas warga menjadi semakin lancar dan berdampak positif bagi perkembangan ekonomi warga.

“Alhamdulilah pembangunan jembatan sudah selesai pengerjaannya, semoga bermanfaat bagi warga karena jembatan itu sangat krusial sebagai akses utama warga sekitar,” tuturnya.(*)



Source link