6 Tanda Kamu Sudah Merdeka Finansial

6 Tanda Kamu Sudah Merdeka Finansial
6 Tanda Kamu Sudah Merdeka Finansial

LIPUTANPERS.COM – 6 Tanda Kamu Sudah Merdeka Finansial yang wajib kamu ketahui sebelum melanjutkan usaha kamu lainnya, Siapa sih, yang tak ingin merasakan kebebasan finansial? Hal tersebut kini sudah menjadi impian yang cukup umum, hingga tak sedikit jumlah orang yang mencari tanda merdeka finansial.

Sejatinya, kondisi ini sudah berhasil diraih apabila tujuan keuanganmu sudah tercapai.

Read More

Menurut laman Detik, keadaan ekonomi ini juga menggambarkan bahwa seseorang sudah memiliki tabungan yang relatif aman, serta hasilnya dapat mencukupi gaya hidup yang diidamkan.

Meskipun demikian, hingga kini, masih banyak orang yang mengira bahwa kondisi merdeka finansial berarti memiliki banyak uang dan bebas dari utang.

Hasilnya, mereka tak lagi memerhatikan kondisi keuangan dan mulai menghamburkan uang untuk hal-hal yang kurang dibutuhkan.

Dengan persepsi yang kurang tepat ini, kamu bisa menemukan masalah finansial di masa-masa mendatang.

Kamu sendiri perlu mengetahui tanda-tanda kebebasan finansial yang tepat agar kondisi keuangan bisa tetap terjaga.

Maka dari itu, jangan terlena dengan pemahaman yang kurang tepat. Berikut ini adalah tanda-tanda kamu sudah merdeka secara finansial atau belum yang perlu kamu ketahui.

6 Tanda Kamu Sudah Merdeka Finansial

1. Bebas dari utang konsumtif

Tanda pertama dari 6 Tanda Kamu Sudah Merdeka Finansial adalah kebebasan dari utang yang sifatnya konsumtif.

Seperti yang kamu ketahui, kondisi perekonomian kini menjadi semakin sulit, sehingga banyak orang yang lari dan menggunakan kredit.

Nah, utang yang raih dari layanan kredit ini sifatnya konsumtif. Jadi, jika tidak digunakan dengan bijak, kredit atau utang tersebut akan menyebabkan bencana keuangan.

Oleh karena itu, untuk meraih kebebasan finansial, akan lebih baik bila kamu memberhentikan seluruh utang dan cicilan yang bersifat konsumtif tersebut.

2. Tidak mengandalkan penghasilan aktif

Tanda-tanda yang kedua dari 6 tanda kamu sudah merdeka finansial adalah tidak mengandalkan penghasilan aktif atau gaji bulanan.

Kamu perlu tahu bahwa bebas finansial bukanlah dengan menjadi kaya dan bebas utang. Justru, hal ini kamu raih dengan memiliki pendapatan pasif.

Pendapatan pasif sendiri merupakan penghasilan dari investasi atau bisnis yang kamu raih tanpa harus terlibat secara aktif.

Kebebasan finansial baru bisa dicapai ketika pendapatan bisa mencukupi pengeluaran kamu per bulannya.

Dalam kata lain, kamu tidak perlu lagi berfokus dengan gaji untuk kebutuhan sehari-hari.

3. Memiliki banyak waktu untuk keluarga dan berkarya

Tanda yang nomer 3 dari 6 tanda kamu sudah merdeka finansial adalah memiliki banyak waktu untuk keluarga serta berkarya.

Ketika sudah mencapai kemerdekaan finansial, kamu sudah tidak lagi memfokuskan diri untuk bekerja keras.

Dengan demikian, kamu akan memiliki banyak waktu luang yang bisa diisi bersama keluarga.

Selain itu, kamu juga akan mempunyai banyak waktu untuk berkarya atau menyalurkan hobi yang biasanya tertunda karena pekerjaan.

Dapat memenuhi kebutuhan selama setahun ke depan merupakan tanda merdeka finansial lainnya.

Dengan tidak memiliki kekhawatiran mengenai kebutuhan bulan depan bahkan sampai 12 bulan ke depan merupakan sebuah privilege yang tentunya diharapkan banyak orang.

Hal ini juga bisa kamu capai bila penghasilan pasif kamu sudah bisa menyumbang untuk kebutuhan tanpa takut gaji akan kurang.

Mempunyai bekal untuk 12 bulan ke depan juga akan mengurangi resiko mental health yang menurun.

5. Dapat pensiun kapanpun

Poin ke 5 dari 6 tanda kamu sudah merdeka finansial berikutnya adalah bisa pensiun kapanpun kamu mau.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kebebasan finansial merupakan sebuah kondisi di mana kamu dengan memiliki bekal keuangan yang cukup.

Melihat hal tersebut, kamu bisa langsung berhenti kerja dan pensiun kapanpun diinginkan.

Ketika pendapatan pasif sudah lebih besar dari angka pengeluaran, kamu bahkan bisa menyisihkan kelebihan tersebut untuk kebutuhan di masa depan.

Jika belum, kamu bisa mulai mempersiapkan dana pensiun serta program keuangan lainnya sebagai jaminanmu di masa tua.

Program keuangan pensiun ini ada banyak yang bisa kamu ikuti, seperti Jaminan Hari Tua dari BPJS Ketenagakerjaan maupun dari asuransi swasta.

6. Dapat bersyukur dan memberi sedekah

Bisa bersyukur dan memberi sedekah tanpa berpikir dua kali merupakan 6 tanda kamu sudah merdeka finansial yang paling terakhir.

Sahabat liputanpers.com yang kami hormati, Membantu orang yang lebih membutuhkan tentunya merupakan hal yang positif.

Namun, alangkah lebih baik bila kamu tidak memaksakan diri untuk berdonasi sehingga tidak membebani diri.

Dengan menyusun rencana keuangan yang detail serta tidak memprioritaskan utang konsumtif, kamu dapat membantu kegiatan berdonasi ini dengan baik.

Pada akhirnya, berdonasi pun akan terasa lebih menyenangkan jika dilakukan dengan senang hati dan tanpa paksaan.

Itulah rangkuman dari tanda-tanda kemerdekaan finansial yang perlu kamu ketahui. Semoga penjelasan di atas bisa membantu, ya!

PERHATIAN!

Artikel ini sebelumnya sudah terbit pada situs gajigesa yang berjudul: 6 Tanda Kamu Sudah Merdeka Finansial: Apa Saja, ya? Baca selengkapnya

Jasa Pembuatan Website Berita Termurah, Jasa Penjualan Blogger Templates 2022 daily updates with newly designed free blogger templates. Blog templates with Highly SEO optimized, Responsive Layouts, Read More

Leave a Reply

1 comment