Tips Perawatan Ban Mobil Ala Influencer Fitra Eri

Tips Perawatan Ban Mobil Ala Influencer Fitra Eri
Tips Perawatan Ban Mobil Ala Influencer Fitra Eri

Mau tau tentang bagaimana merawat ban mobil anda, yuk kita ikuti Tips Perawatan Ban Mobil Ala Influencer Fitra Eri

Influencer otomotif Fitra Eri memberikan tips dalam merawat ban mobil yang biasa digunakan harian. Menurutnya perawatan ban penting dilakukan agar komponen ini lebih awet, serta meningkatkan sisi keselamatan selama perjalanan.

Read More

Perlu dipahami, ban merupakan salah satu komponen yang berperan vital pada kendaraan, seperti menahan beban, hingga meredam guncangan. Komponen ini juga yang bersentuhan langsung dengan aspal selama perjalanan.

Fitra mengatakan perawatan ban mobil, pertama dapat dilakukan dengan melakukan pengecekan terhadap kondisi fisik komponen itu. Perhatikan kondisi permukaan ban menyeluruh dengan mata.

“Jadi kita ini lihat sebelum mobil digunakan, bagaimana tapaknya. Apa sudah botak atau masih dalam kondisi baik,” kata Fitra Eri saat ditemui di sela peluncuran produk ban Dunlop di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Minggu (14/8).

Tips Perawatan Ban Mobil Ala Influencer Fitra Eri

Tips Perawatan Ban Mobil Ala Influencer Fitra Eri

Tips Pengecekan permukaan ban apakah sudah botak atau belum, kata Fitra juga bisa dilakukan dengan cara melihat thread wear indicator (TWI).

TWI merupakan indikator ketebalan tapak ban dengan tinggi 1,6 milimeter. Artinya jika ketebalan kembang ban sudah menipis sehingga tersisa atau mendekati 1,6 milimeter, maka ban harus diganti.

Setelah itu Fitra mengatakan sesuaikan tekanan angin ban dengan standar dari mobil tersebut. Untuk melihat patokan tekanan angin standar, pengemudi dapat melihat informasi itu melalui sisi pintu dalam bagian pengemudi.

“Ingat ban itu bahaya kalau kurang tekanannya. Karena kalau kurang dinding ban bisa tergesek aspal, itu mengakibatkan ban terkikis serta meletus,” kata dia.

Kemudian pemilik mobil juga disarankan untuk merotasi ban secara berkala. Jangka waktu rotasi ban mobil dianjurkan setiap enam bulan sekali.

Kata Fitra rotasi ban membuat usia ban menjadi lebih panjang karena tingkat keausan dibuat merata. Ia juga mengingatkan agar merotasi semua ban, termasuk ban serep.

“Jangan lupa juga untuk merotasi ban secara berkala agar lebih rata (tingkat keausan) dan awet,” kata dia.

Ia juga mengingatkan pengguna mobil untuk melakukan spooring dan balancing sehingga komponen inti kaki-kaki tersebut performanya lebih terjaga.

Lebih lanjut, Fitra mengingatkan pengguna kendaraan untuk memilih ban mobil yang sesuai dengan karakter mobil dan kebutuhan.

“Kemudian pilih ban yang sesuai karakter mobil,” ucap Fitra.

Leave a Reply