TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Kesehatan mencatat kasus harian Covid-19 di beberapa provinsi dengan jumlah populasi besar mulai melandai per akhir Februari 2022. Hal ini berdampak pada menurunnya tingkat keterisian tempat tidur  (bed occupancy rate/BOR) di rumah sakit secara nasional.

Hingga Selasa, 1 Maret, pasien yang dirawat di rumah sakit secara nasional turun menjadi 34 persen dari hari sebelumnya di posisi 35 persen. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, menjelaskan, pada hari ini, konfirmasi kasus harian berada di posisi 24.728 kasus, jauh jika dibandingkan posisi tertinggi yang sempat mencatat angka 64.718 kasus per hari. “Tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit (BOR) juga masih sangat terkendali dengan kecenderungan menurun,” ujar dia dalam keterangan tertulis.

Nadia menjelaskan ada 14 provinsi yang konsisten penurunan kasus harian Covid-19, yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, NTB, Maluku, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua, dan Papua Barat.

Ada pula tujuh provinsi yang kasus hariannya sudah melandai, yakni Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Gorontalo, Bengkulu, dan Lampung.

Faktor ini membuat posisi perawatan pasien di rumah sakit melandai karena kontribusi pasien di daerah dengan populasi besar ikut turun.

Positivity Rate di Beberapa Daerah Menurun

Data Kemenkes menunjukkan bahwa di beberapa daerah dalam minggu terakhir Februari kemarin mengalami penurunan positivity rate. Wilayah itu adalah DKI Jakarta, Bali, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Maluku, Papua, NTB, Papua Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Kalimantan Tengah.

Menurut Nadia, meski masih ada beberapa provinsi di Jawa dan luar Jawa yang meningkat kasus hariannya, tapi secara agregat ia mengklaim penanganan pandemi secara nasional membaik. “Karena provinsi dengan kota-kota besar padat penduduk sudah melewati puncaknya dalam waktu yang cukup konsisten,” kata Nadia.

Perbaikan indikator penanganan pandemi, kata Nadia, tampak dari angka kesembuhan pasien di rumah sakit yang meningkat secara nasional. Hingga Senin kemarin, angka kesembuhan pasien ada di posisi 43.992. Angka ini lebih baik dari hari sebelumnya Ahad yang ada di posisi 39.384.

Selanjutnya: Rekor angka kesembuhan harian




Source link